Bisnis Dalam Bidang TI

Posted on January 29, 2011

0


Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Bisnis Perubahan aspek bisnis, sistem perusahaan, dan pengembangan usaha dengan perkembangan TIK.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

*ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan desain manufaktur. Sistem pengguna dalam berbagai bidang (Pertambangan, Pertanian, Manufaktur, Pariwisata dan lain lain dapat meggunakan sistem yang hemat biaya, aman, otomastis terpadu serta bisa diandalkan.

E-commerce

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini : eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

Kelebihan E-commerce:

ž  Pertukaran informasi dilakukan dalam format digital .

ž  Menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman informasi.

ž  Melalui jaringan komputer, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat.

ž  Proses transaksi yang berlangsung secara cepat meningkatkan produktifitas perusahaan.

ž  Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Aplikasi yang berhubungan dengan E-commerce:

ERP(Enterprise Resource Planning)

Definisi ERP adalah sistem yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berfungsi untuk integrasi dan otomatisasi proses bisnis (operasi, produksi dan distribusi. Beberapa fungsi ERP:

ž  solusi permasalahan informasi dalam organisasi

ž  mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi

ž  menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang terintegrasi

ž  mampu mengambil keputusan yang baik dengan parameter yang terukur secara kuantitatif ž  mendukung proses operasional perusahaan atau organisasi. ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain.

Posted in: Uncategorized