Kedatangan Obama memiliki keuntungan dan kerugian

Posted on November 29, 2010

0


Banyaknya pro dan kontra mengenai kedatangan Obama akhir – akhir ini, namun itu tidak membuat pusing bagi masyarakat awam kebanyakan. Adanya penolakan – penolakan Obama datang ke Indonesia oleh sejumlah organisasi masyarakat dikarenakan Obama adalah Presiden Amerika Serikat.

Dampak kedatangan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia, selain menjadi kehormatan dan kebanggaan, tetapi juga telah menimbulkan sejumlah masalah yang mengganggu dinamika masyarakat, khususnya masyarakat di kawasan Jakarta sekitarnya.

Dampak negative kedatangan obama di jakarta

  1. Permasalahan yang sudah dan sedang terjadi adalah kemacetan luarbiasa akibat protokol pengamanan yang super ketat. Kemacetan tidak hanya terjadi di jalan-jalan utama kota, tetapi juga jalan tol, khususnya saat ini jalan menuju dan dari Depok, akan mengalami kemacetan oleh karena kunjungan Obama ke kampus UI Depok yang tidak jadi menggunakan helikopter, tetapi iring-iringan mobil.
  2. kedatangan Presiden Negara no.1 di dunia ini mempunyai dampak negatif yaitu Kedatangan Obama akan semakin memperkuat pengerukan SDA di Indonesia.
  3. Bila kedatangannya disambut dengan terlampau berlebihan. Apalagi menyedot anggaran keamanan dan juga melumpuhkan roda ekonomi masyarakat. Sebagaimana yang terjadi ketika Presiden Bush berkunjung ke Indonesia.
  4. Di tengah situasi negeri yang sedang pelik, didera bencana, dan dirantai sekian banyak persoalan kemiskinan seharusnya pemerintah tidak bertindak berlebihan terkait kedatangan Obama. Apalagi terkesan mubazir. Semakin berlebihan dan ekstra ketat mengerahkan sistim keamanan dengan jumlah biaya yang besar justru mencitrakan Indonesia tak seaman yang dibayangkan

Dampak positif  kedatangan obama di Jakarta

  1. Di balik kucuran tenaga dan biaya oleh pemerintah itu, ada hal postif yang menguntungkan Indonesia. Pertama, meski, Indonesia tergolong negara kawasan Asia Tenggara yang rentan aksi terorisme, Presiden Obama bertekad datang.
  2. Sebagai promosi gratis bagi Indonesia dan merupakan promosi yang high impact . Kedatangan Obama ke Indonesia menjadi sorotan mata dunia sehingga mereka memandang Indonesia. Kedatangan Presiden Obama, hampir pasti diabadikan oleh media dari berbagai negara yang memiliki jangkauan luas.
  3. Kedua, polemik dunia Islam terkait isu pembakaran Al Quran, akan mencair dengan kehadiran Obama ke Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia. Kehadiran Obama diharapkan, dapat melerai benang kusut persepsi dunia Barat terhadap Islam akhir-akhir ini. Terutama masyarakat Amerika.
  4. Kedatangan Obama ke Indonesia, mencitrakan bahwa, negara ini masih layak dikatakan aman dan damai. Hal tersebut akan terbukti dengan sendirinya, ketika Obama berkunjung ke Indonesia, dan menyaksikan sendiri kondisi Indonesia. Keberhasilan Polri membongkar jaringan teroris saat ini, akan menjadi kabar sekaligus citra positif terkait situasi keamanan di Indonesia. Paling tidak, dimata Obama, Indonesia terbilang sukses memberantas terorisme.
  5. kehadiran Obama di Indonesia, juga dapat melerai kusutnya hubungan Indonesia dan Amerika. Terutama pemboikotan di segi kemiliteran terkait tuduhan pelanggaran HAM dalam kasus Timor Timur. Meski kehadiran Obama ini direspon dengan membanjirnya harapan, rasa nostalgia dan penolakan oleh sekelompok masyarakat Indonesia. Kita berharap, pemerintah dan masyarakat bisa memetik keuntungan-keuntungan besar demi kepentingan masyarakat Indonesia di balik kunjungan presiden Barak Obama.

Sumber : http://www.harian-global.com, http://www.waspada.co.id

Posted in: Uncategorized