SII (STRATEGY OF INFORMATION INTEGRATION)

Posted on November 1, 2010

0


FENOMENA INTEGRASI SISTEM INFORMASI

Tuntutan globalisasi dan persaingan bebas serta  terbuka dewasa ini secara langsung telah memaksa berbagai organisasi komersial seperti perusahaan  maupun non komersial seperti pemerintah untuk  menata ulang platform organisasinya. Dalam konteks  ini, berbagai inisiatif strategi ditelurkan oleh sejumlah praktisi organisasi yang masing-masing  mengarah pada

keinginan berkolaborasi atau  berkooperasi untuk menyusun kekuatan dan  keunggulan baru dalam bersaing. Terkait dengan hal ini,  sejumlah fenomena yang menggejala akhir-akhir ini  antara lain:

•  Terjadinya merger dan akuisisi antar dua atau sejumlah organisasi dalam berbagai industri vertikal, seperti: perbankan, asuransi, manufaktur, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya

•  Restrukturisasi korporasi yang dilakukan dengan mengubah pola relasi antar anak-anak perusahaan dalam sebuah konsorsium grup usaha;

•  Strategi kerjasama berbagai institusi pemerintah secara lintas sektoral untuk meningkatkan kinerja birokrasi;

•  Tuntutan berbagai mitra usaha dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas aliansi dan kolaborasi; dan lain sebagainya.

Adanya berbagai fenomena tersebut secara tidak langsung memberikan dampak bagi manajemen organisasi, terutama dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber dayanya masing-masing. Beragam tuntutan yang bermuara pada keinginan untuk ”mengintegrasikan” secara fisik maupun relasi Adanya berbagai fenomena tersebut secara tidak langsung memberikan dampak bagi manajemen organisasi, terutama dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber dayanya masing-masing. Beragam tuntutan yang bermuara pada keinginan untuk ”mengintegrasikan” secara fisik maupun relasi dua atau lebih organisasi tersebut bermuara pada kebutuhanmelakukan upaya ”sharing” sejumlah sumber daya data dan informasi (maupun pengetahuan) yang dimiliki sesama organisasi.

Posted in: Uncategorized