AGENT ROBOT KEBUN

Posted on October 11, 2010

0


Menurut kalian apa jadinya kalau robot menggantikan para petani di kebun/disawah????

Apa pernah terfikir akan hal itu? Ini mungkin aja terjadi lho teman-teman. Mungkin saja di masa depan nanti terciptalah sebuah robot yang dapat menggantikan para petani seperti memelihara dan memanen sayuran dan buah-buahan.

Di karenakan  Jumlah petani kian berkurang di jaman maju seperti ini, dan Pertanian yang dikendalikan dari jarak jauh pun semakin di butuhkan.  Dan banyak negara maju mulai membuat semuanya dikendalikan dari jauh, tak lagi langsung bekerja di lahan pertanian. ada banyak keuntungan bagi robot di dalam bidang pertanian dan perkebunan, mulai dari pemeliharaan  sampai pemanenan, yang dapat membuat pertanian menjadi lebih cepat dan efisien. : Manusia mungkin dapat dengan mudah berjalan dan mengambil hasil panen pada pohon tetapi Robot kebun ini akan lebih bermanfaat menggantikan manusia  dan Tenaga serta fikiran manusia bisa dimanfaatkan untuk tugas lainnya yang lebih memerlukan kecerdasan dari otak manusia. Berikut ini adalah perancangan dari agent  Robot kebun :

  • Agent Type : Robot kebun
  • Percepts : kamera dan penjepit
  • Actions : berjalan ke tempat tanaman, mengairi/menyiram pohon, dan bergerak ke pohon untuk mengenali tomat dan menariknya dengan pencapit.
  • Goal : Membantu memelihara dan memanen, mempercepat dan efisien.
  • Environment : lahan atau perkebunan

Penjelasan:

Agent robot kebun di tempatkan di area perkebunan misalnya perkebunan jeruk, dimana robot akan  dilengkapi dengan kamera dan penjepit, yang bisa dipanjangkan untuk melakukan proses panen. Kemudian robot bergerak ke pohon jeruk lainnya dan menggunakan web cam untuk mengenali jeruk  dan menariknya dengan pencapit.

Beberapa hal keberhasilan yang dapat di ukur  dari agen robot kebun :

  • Ketelitian dan kerapihan dalam proses pemeliharaan tanaman
  • Kecepatan dalam proses pemetikan hasil panen
  • Meringankan pekerjaan petani
Posted in: Uncategorized